PERILAKU KONSUMEN
Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang
tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang
lain, maupun makhluk hidup lain.
Perilaku konsumen adalah perilaku yang
konsumen tunjukkan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur
barang atau jasa yang mereka anggap untuk memuaskan kebutuhan mereka. Definisi
lainnya adalah bagaimana konsumen mau mengeluarkan sumber dayanya yang terbatas
seperti uang, waktu, tenaga untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan
demi kepuasan mereka. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
ada dua yaitu:
·
Faktor
Eksternal
Faktor
eksternal merupakan faktor yang meliputi pengaruh keluarga, kelas sosial,
kebudayaan, strategi marketing, pengaruh situasi, dan kelompok referensi.
Kelompok referensi sendiri merupakan kelompok yang memiliki pengaruh langsung
maupun tidak langsung pada sikap dan perilaku konsumen. Kelompok referensi
mempengaruhi perilaku seseorang dalam pembelian dan sering dijadikan pedoman
oleh konsumen dalam bertingkah laku. Anggota kelompok referensi sering menjadi
penyebar dan pengaruh dikalangan masyarakat dalam hal selera konsumsi sehingga
menyebabkan sebagian besar kalangan masyarakat mengikuti selera dari anggota
kelompok tersebut dan menimbulkan keseragaman dalam perilaku konsumsi
dikalangan masyarakat.
·
Faktor
Internal
Faktor-faktor
yang termasuk ke dalam faktor internal adalah motivasi, persepsi, pembentukan
sikap, kepribadian dan belajar. Belajar adalah perubahan dalam perilaku
seseorang individu yang bersumber dari pengalaman. Seringkali perilaku manusia
diperoleh dari mempelajari sesuatu atau pengalaman.
Contoh
Eksternal :
Saya punya
sahabat namanya ami dia itu suka banget sama sepatu. Hampir semua model sepatu
dia punya apalagi setiap ada sepatu yang lagi trend pasti dia beli. Faktor ami
beli sepatu itu adalah mengikuti trend yang ada di sekitarnya atau pengaruh
situasi.
Contoh
Internal :
Saya
punya temen namanya eka, eka itu suka banget tuh sama hal-hal yang berbau korea
kaya film, musik k-pop dll yang berbau dengan korea. Faktor eka munyukai korea
adalah dari faktor internal yaitu persepsi.
Contoh
Lainnya :
Saya
suka banget sama sepatu hal-hal yang berbau sepatu itu saya suka. Saya suka
banget sama sepatu-sepatu seperti flat shoes, boots dll. Kenapa saya suka
banget sepatu karna menurun saya sepatu itu menarik keren apalagi sepatu yang
lagi trend sekarang saya suka banget. Faktor yang mempengaruhi pembelian sepatu
adalah faktor eksternal dan internal yaitu pengaruh situasi dan persepsi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar