Minggu, 10 November 2013

Perilaku Konsumen

PERILAKU KONSUMEN




Konsumen adalah  setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain.
            Perilaku konsumen adalah perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap untuk memuaskan kebutuhan mereka. Definisi lainnya adalah bagaimana konsumen mau mengeluarkan sumber dayanya yang terbatas seperti uang, waktu, tenaga untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan demi kepuasan mereka. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen ada dua yaitu:

·         Faktor Eksternal
Faktor eksternal merupakan faktor yang meliputi pengaruh keluarga, kelas sosial, kebudayaan, strategi marketing, pengaruh situasi, dan kelompok referensi. Kelompok referensi sendiri merupakan kelompok yang memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung pada sikap dan perilaku konsumen. Kelompok referensi mempengaruhi perilaku seseorang dalam pembelian dan sering dijadikan pedoman oleh konsumen dalam bertingkah laku. Anggota kelompok referensi sering menjadi penyebar dan pengaruh dikalangan masyarakat dalam hal selera konsumsi sehingga menyebabkan sebagian besar kalangan masyarakat mengikuti selera dari anggota kelompok tersebut dan menimbulkan keseragaman dalam perilaku konsumsi dikalangan masyarakat.

·         Faktor Internal
Faktor-faktor yang termasuk ke dalam faktor internal adalah motivasi, persepsi, pembentukan sikap, kepribadian dan belajar. Belajar adalah perubahan dalam perilaku seseorang individu yang bersumber dari pengalaman. Seringkali perilaku manusia diperoleh dari mempelajari sesuatu atau pengalaman.

Contoh Eksternal :
Saya punya sahabat namanya ami dia itu suka banget sama sepatu. Hampir semua model sepatu dia punya apalagi setiap ada sepatu yang lagi trend pasti dia beli. Faktor ami beli sepatu itu adalah mengikuti  trend yang ada di sekitarnya atau pengaruh situasi.

Contoh Internal :
Saya punya temen namanya eka, eka itu suka banget tuh sama hal-hal yang berbau korea kaya film, musik k-pop dll yang berbau dengan korea. Faktor eka munyukai korea adalah dari faktor internal yaitu persepsi.

Contoh Lainnya :
Saya suka banget sama sepatu hal-hal yang berbau sepatu itu saya suka. Saya suka banget sama sepatu-sepatu seperti flat shoes, boots dll. Kenapa saya suka banget sepatu karna menurun saya sepatu itu menarik keren apalagi sepatu yang lagi trend sekarang saya suka banget. Faktor yang mempengaruhi pembelian sepatu adalah faktor eksternal dan internal yaitu pengaruh situasi dan persepsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar